Mengenal Gandum




Nama lain Gandum adalah Haver, Grain, Haver, atau Oats. Oat bran adalah bubuk gandum. Oatmeal adalah havermut atau cereal atau bubur gandum.

Whole grain atau Gandum dikenal secara ilmiah sebagai Avena Sativa. Gandum adalah biji-bijian keras, dan mampu bertahan pada kondisi tanah yang buruk, di mana tanaman lain tidak dapat berkembang. Meskipun gandum kemudian dikuliti, proses ini tidak mengupas kulit ari yang memiliki serat dan bernutrisi. Dipanen pada musim gugur, dan tersedia sepanjang tahun sebagai hidangan yang sehat.

Gandum 0,25 cangkir, beratnya 39,00 gram, mengandung Kalori: 152, manganese 96%, molybdenum 64%, phosphorus 29%, copper 27%, biotin 26%, vitamin B1 25%, magnesium 17%, fiber 17%, chromium 15%, zinc 14%, protein 13%.

Manfaat Bubur Gandum Bagi Kesehatan

Mengobati Penyakit Jantung - Oatmeal atau bubur gandum, mengandung serat beta-glukan, yang menguntungkan bagi penderita dengan kolesterol tinggi di atas 220 mg/dl. Makan satu mangkuk oatmeal setiap hari biasanya menurunkan kolesterol sebesar 8-23% pada penderita penyakit jantung. Kadar kolesterol yang tinggi berkorelasi dengan membangun plak di dinding pembuluh darah. Jika plak ini menjadi rusak atau bertumbuh terlalu besar, bisa pecah, dan memblokir pembuluh darah yang menyebabkan serangan jantung, atau stroke.

Mencegah Penyakit Jantung - Antioksidan yang disebut avenanthramides membantu mencegah radikal bebas dari kolesterol jahat LDL, sehingga mengurangi risiko penyakit pembuluh darah jantung. Jika vitamin C ditambahkan, fenol oat berinteraksi secara sinergis dengan vitamin C, yang dapat mencegah LDL. Dengan menurunkan kadar kolesterol tinggi dapat mengurangi risiko penyakit pembuluh darah jantung dan stroke. Antioksidan gandum termasuk vitamin E, tocotrieonols, selenium, asam fenolik, dan asam fitat. Antioksidan multifungsi.

Mengurangi Tekanan Darah Tinggi dan serangan jantung - Menghambat aterosklerosis yang penumpukan plak untuk mempersempit pembuluh yang mengalirkan darah ke jantung.

Mengurangi Perkembangan Stenosis yang terjadi akibat penyempitan diameter lorong arteri jantung.

Mencegah Penyakit Darah Tinggi dan Pencernaan - Oatmeal, melalui kandungan serat yang tinggi, sudah dikenal untuk membantu menghilangkan kolesterol, melalui sistem pencernaan yang berakhir dalam aliran darah.

Meningkatkan respon kekebalan Infeksi akibat bakteri, dan infeksi pathogen.

Menstabilkan Gula Darah - Pada pasien Diabetes, dan diabetes tipe 2. Oats dan biji-bijian lainnya secara substansial menstabilkan gula, dalam darah pada pasien 2 Diabetes. Merupakan sumber yang kaya magnesium, mineral yang bertindak sebagai penolong bagi lebih dari 300 enzim-enzim, termasuk enzim yang terlibat dalam penggunaan tubuh glukosa dan sekresi insulin.

Pelindung terhadap kanker kelenjar terutama kanker payudara. Gandum dan biji-bijian lainnya, serta buah-buahan berserat sebagai pelindung terhadap kanker payudara paska menopause.
Penelitian membuktikan dengan konsumsi rutin biji-bijian utuh yang mengandung serat tinggi dan rendah lemak jenuh yang disebut kolesterol, dapat mengurangi berbagai penyakit berbahaya.

Aneka Makanan Berserat Tinggi

Oatmeal, 1 cangkir 3,98
Roti gandum, 1-2 slice
Spaghetti gandum, 1 cangkir 6.3
Beras merah, 1 cangkir 3.5
Barley, 1 cangkir 13,6
Soba, 1 cangkir 4,54
Rye, atau gandum hitam 1/3 cangkir 8.22
Jagung, 1 cangkir 4.6
Apel, 1 medium dengan kulit 5.0
Pisang, 1 media 4.0
Blueberry, 1 cangkir 3.92
Jeruk, 1 besar 4,42
Pir, 1 besar 5,02
Plum, 1/4 cangkir 3.02
Stroberi, 1 cangkir 3.82
Raspberry, 1 cangkir 8.36
* Konten Fiber dapat bervariasi*
Apel, buah ara, pir dan plum berserat tinggi.

Asal Usul Gandum

Oats atau Gandum berasal dari Asia, dan telah dibudidayakan selama dua ribu tahun di berbagai negara di seluruh dunia. Sebelum dikonsumsi sebagai makanan, grain digunakan untuk tujuan pengobatan. Di Eropa tumbuhan gandum sangat luas, dan merupakan tanaman komersial yang penting karena sebagai makanan pokok bagi rakyat banyak negara termasuk Skotlandia, Inggris, Jerman dan negara-negara Skandinavia. Pada awal abad ke-17, penduduk Skotlandia membawa gandum ke Amerika Utara yaitu Kanada. Saat ini, produsen komersial terbesar dari gandum di Kanada, Rusia, Amerika Serikat, Jerman, Polandia dan Finlandia.

Proses Membersihkan Gandum

Gandum memiliki rasa yang khas dari proses pemanggangan, setelah dipanen dan dibersihkan. Meskipun gandum dikuliti, proses ini tidak mengupas serat, tetap mempertahankan sumber serat dan nutrisi. Sedangkan beras setelah di proses kemungkinan dapat mengeluarkan serat atau kulit ari.
Mempersiapkan dan Memasak Gandum
Ada berbagai jenis gandum memerlukan metode memasak yang sedikit berbeda.
Oats atau gandum yang sudah di lembutkan: hanya membutuhkan waktu sekitar 1-15 menit memasak dengan menggunakan sedikit air saja, telah siap menjadi bubur cereal atau bubur gandum.
Oats atau gandum utuh yang asli dan masih keras: membutuhkan waktu sekitar 30 -50 menit untuk memasak dengan lebih banyak air. Cara memasak gunakan gandum dan air sebanyak 1:3.
Oat bran atau tepung gandum: seringkali dikombinasikan dengan gandum atau tepung lain yang mengandung gluten, untuk membuat roti beragi.
Seringkali diolah oleh pabrik atau secara manual, lalu di kombinasikan dengan bahan-bahan lainnya seperti gula, garam, susu, kismis, atau buah-buah kering. Menjadi kue, kerupuk, atau makanan lainnya sesuai selera masing-masing.

Kekhawatiran Individu

Oats berisi terjadi secara alamiah zat yang disebut purin. Purin biasanya ditemukan pada tumbuhan, hewan, dan manusia.
Setiap makanan dan minuman ada bahan yang tidak cocok untuk tubuh. Makanlah dan minumlah secukupnya, tanpa berlebihan, agar tubuh kita tetap sehat.
Hindari makanan dan minuman yang meracuni tubuh agar hanya sedikit beban penyakit yang diterima oleh tubuh kita.

Komentar