Kemampuan Membaca Jepang Paling Baik

Negara manakah yang memiliki kemampuan  membaca paling baik? Studi yang dilaporkan Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) terhadap 24 negara di dunia mengungkap bahwa jawabnya adalah Jepang.

       Penelitian OECD terhadap 166.000 partisipan berusia 16 - 65 tahun tersebut mengungkap bahwa orang dewasa di Jepang memiliki keahlian literasi yang superior di atas rekan-rekannya di negara lain.
       Dalam skala 1 -5 dalam tingkat kesulitan membaca teks sederhana, hanya 4,9 persen orang Jepang yang mendapat skor 1 atau kurang. Satu dari lima orang Jepang meraih skor tertinggi, yakni 4 atau 5. Skor 5 menunjukkan kemampuan dalam mencari dan mengolah informasi dari teks yang padat.
       Tidak hanya kemampuan membaca. Laporan tersebut mengungkap bahwa orang Jepang berusia 25 - 34 tahun yang hanya menuntaskan pendidikan sampai tingkat SMA memiliki keahlian menulis yang jauh di atas lulusan universitas dari kelompok usia yang sama dari Spanyol dan Italia.
       Apa artinya ini? Kemampuan literasi yang tinggi, menurut studi tersebut, dikaitkan dengan pendapatan yang juga tinggi. Orang yang memiliki keahlian membaca dan menulis mempunyai penghasilan 60 persen lebih besar dari yang mereka yang keahlian literasinya rendah.
       Lebih jauh lagi, orang dengan tingkat literasi rendah berada pada resiko lebih besar untuk menjadi pengangguran dan dikaitkan dengan kesehatan yang lebih buruk. Jadi, ayo tingkatkan kemampuan literasi kita!


Komentar