Cara Menghindari Resiko Alzheimer

ALZHEIMER menjadi penyakit yang banyak ditakuti orang yang menginjak usia senja. Maklum saja, terjadinya penyakit ini memang berbanding lurus dengan meningkatnya usia. 
      Ketika seseorang semakin berusia lanjut, dia akan mulai mengalami penurunan fungsi tubuh seperti sel otak. Gejala umumnya bisa dilihat dari menurunnya daya ingat, kemampuan berpikir, dan perubahan perilaku. Ditambah lagi munculnya kecemasan berlebihan dan kegiatan yang dilakukan berulang-ulang tanpa disadari.
      Nah, untuk menabung sehat di masa tua, beberapa cara ini bisa coba diterapkan sebagai kebiasaan sehari-hari untuk menghindari resiko alzheimer.
      Pertama, rutin mengontrol tekanan darah. Pasalnya, alzheimer bisa terjadi karena tingginya tekanan darah. Memiliki waktu istirahat yang cukup, berolahraga relaks seperti yoga atau tai-chi, makan bernutrisi seimbang, dan hindari garam berlebihan di menu harian.
      Kedua, perbanyak konsumsi sayuran dan buah. Pastikan setiap hari Anda mengkonsumsi makanan dengan sisipan buah dan sayur. Upayakan pula agar membuat variasi dalam pola konsumsi.
      Ketiga, perlu mengasup makanan kaya antioksidan. Makanan dengan antioksidan bisa memperlambat penurunan daya ingat dan mencegah alzheimer, seperti raspberry hitam, kismis, dan blueberry.
      Keempat, menstimulasi otak untuk tetap aktif. Terdapat penelitian bahwa volume otak mulai berkurang ketika usia 30 - 40 tahun. Nah, rangsang agar otak tetap aktif yaitu melalui belajar hal-hal baru yang meningkatkan antusiasme.
      Menemukan hobi baru, bermain teka-teki silang, membaca buku, atau mencari informasi baru di internet bisa menjadi cara jitu "melatih" otak Anda.
      Kelima, jika tertarik untuk hidup lebih sehat, Anda bisa menjajal pola diet Mediterania. Ternyata inilah rahasia umur panjang para penduduk Mediterania. Diet ini berfokus pada konsumsi sayuran hijau, ikan, buah-buahan, kacang-kacangan, dan minyak zaitun.
      Keenam, kenali benar gejala alzheimer. Coba cek diri Anda apakah mengalami gejala-gejala tersebut. Gejala alzheimer antara lain mulai kebingungan membaca peta, mengajukan pertanyaan sama berulang kali, indera penciuman mulai berkurang, dan kerap lupa menyimpan barang. Jika sering mengalami gejal tersebut, sebaiknya berkonsultasi ke dokter.



Komentar