Apa Yang Mendorong Pertumbuhan Kuku

Apa yang mendorong kuku untuk tumbuh maju ke depan? Kuku tumbuh melalui proses ekstrusi atau pendorongan keluar. Ketika sel-sel yang baru ditambahkan ke alas kuku, sel-sel yang lebih tua terdorong keluar ke arah ujung jari. Sel-sel menjumpai tahanan saat mereka muncul dan bergabung dengan piringan kuku yang sudah terbentuk, mereka menjadi lebih datar dan panjang.

Protein keratin di dalam sel-sel ini menjadi mengeras, dan sampai titik tertentu, mereka bukan lagi sel-sel hidup yang memiliki inti sel, tetapi hanya struktur yang mengeras.

Sebagian besar pertumbuhan yang sesungguhnya dari piringan kuku, mungkin 90%, terjadi di bagian bawahnya, yakni matriks germinal. Area ini tersembunyi oleh lipatan jaringan yang menutup bagian bawah kuku yang sedang tumbuh, yang disebut lipatan kuku.

Bagian terluar dari matriks germinal bisa dilihat sebagai "bulan" putih diatas kuku, dikenal sebagai lunula. Berwarna putih karena sel-sel disana masih memiliki inti sel.

Piringan kuku merekat longgar ke matriks germina. Dan, ditahan di tempatnya oleh lipatan-lipatan kulit di bagian bawah dan sisi. Saat tumbuh, kuku didorong ke dalam bentuk lengkung. Sel-sel yang menambah kilatan permukaan kuku ditambahkan di bagian puncak dari lipatan kuku.

Ketika piringan kuku maju, ia menyeberangi matriks yang steril, bagian dari alas kuku yang terdekat dengan ujung jari. Disini, piringan kuku merekat dengan kuat, sebagian disebabkan oleh oleh alur-alur di dalam matriks dan ditambahkan beberapa sel lagi.

Kuku jari tumbuh sekitar tiga sampai empat milimeter per bulan, lebih cepat di musim panas, lebih lambat pada lansia atau ketika ketika terdapat peredaran darah yang buruk di atas kuku. Sebuah kuku yang lengkap membutuhkan sekitar enam bulan untuk tumbuh.

Komentar