10 Agama Terbesar Di Dunia Berdasarkan Jumlah Penganutnya


Apakah Anda sudah tahu agama apa yang pengikutnya paling banyak di dunia saat ini?

Jika Anda memang ingin tahu sekali, baiklah ayo kita bahas tentang agama terbesar di dunia berdasarkan jumlah penganutnya.

Tapi, sebelumnya mari kita definisikan terlebih dulu apa itu arti agama?

Menurut Émile Durkheim~beliau merupakan salah satu pencetus sosiologi modern~mengartikan agama sebagai suatu sistem yang terpadu yang terdiri atas kepercayaan dan praktik yang berhubungan dengan hal yang suci.

Sedangkan kalau ditinjau dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) agama diartikan sebagai sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya.

Oke, Anda pasti sudah paham apa itu agama, berikutnya mari kita lihat daftar agama terbesar di dunia berdasarkan jumlah pengikutnya, menurut data yang dirilis oleh situs adherents.com :

Ukuran yang ditunjukkan adalah perkiraan perkiraan, dan di sini terutama untuk tujuan mengurutkan, bukan memberikan jumlah yang pasti.


1. Kekristenan
Jumlah pengikut : 2,1 miliar

Kekristenan meyakini Yesus Kristus adalah Tuhan dan Mesias yang diramalkan dalam Perjanjian Lama, juru selamat bagi seluruh umat manusia, yang menebus manusia dari dosa. Kitab Suci yang menjadi pedoman hidup mereka adalah Alkitab.

2. Agama Islam
Jumlah pengikut : 1,5 miliar

Penganut agama islam yang dikenal dengan sebutan muslim memiliki keyakinan bahwa Allah Swt. adalah sang maha pencipta yang menciptakan segala sesuatu yang ada di langit dan di bumi. Mereka percaya bahwa Allah menurunkan firman-Nya kepada manusia melalui para nabi dan rasul utusan-Nya, dan meyakini dengan sungguh-sungguh bahwa Muhammad adalah nabi dan rasul terakhir yang diutus ke dunia oleh Allah.

Mereka juga melaksanakan ibadah sholat wajib sebanyak 5 waktu Shubuh, Dhuhur, Ashar, Maghrib, Isya’ sebagai bentuk ketaatan kepada Allah Swt.

Tempat ibadah umat Islam adalah mesjid. Dan kitab sucinya adalah AL-Qur’an yang menjadi pedoman hidup mereka.

3. Sekuler / Nonreligius / Agnostik / Atheis
Jumlah pengikut : 1,1 miliar

4. Agama Hindu
Jumlah pengikut : 900 juta

Agama hindhu disebut sebagai agama tertua di dunia yang masih tetap eksis hingga saat ini. Dan merupakan agama terbesar ketiga di dunia setelah Kristen dan Islam. umat Hindu menyebut agamanya sendiri sebagai Sanātana-dharma (Dewanagari: सनातन धर्म), artinya “darma abadi” atau “jalan abadi” yang melampaui asal mula manusia. Kitab suci agama Hindhu adalah catur Veda yang mencakup Rgveda, Yajurveda, Samaveda, dan Atharvaveda.

5. Kepercayaan Tradisional Tionghoa
Jumlah pengikut : 394 juta

Kepercayaan Tradisional Tionghoa ialah tradisi kepercayaan rakyat yang dipercayai oleh kebanyakan bangsa Tionghoa dari suku Han.

6. Agama Budha
Jumlah pengikut : 376 juta

Agama Buddha adalah sebuah agama dan filsafat yang berasal dari anak benua India dan meliputi beragam tradisi kepercayaan, dan praktik yang sebagian besar berdasarkan pada ajaran yang dikaitkan dengan Siddhartha Gautama, yang secara umum dikenal sebagai Sang Buddha (berarti “yang telah sadar” dalam bahasa Sanskerta dan Pali). Setiap aliran Buddha berpegang kepada Tripitaka sebagai Referensi utama karena dalamnya tercatat sabda dan ajaran Buddha Gautama. Pengikut-pengikutnya kemudian mencatat dan mengklasifikasikan ajarannya dalam 3 buku yaitu Sutta Piṭaka (kotbah-kotbah Sang Buddha), Vinaya Piṭaka (peraturan atau tata tertib para bhikkhu) dan Abhidhamma Piṭaka (ajaran hukum metafisika dan psikologi).

7. Ethnic Religion
Jumlah pengikut : 300 juta

8. Kepercayaan Tradisional Afrika
Jumlah pengikut : 100 juta

9. Agama Sikh
Jumlah pengikut : 23 juta

Kata Sikhisme berasal dari kata Sikh, yang berarti “murid” atau “pelajar”.

Kepercayaan-kepercayaan utama dalam Sikhisme adalah:

Percaya dalam satu Tuhan yang pantheistik. Kalimat pembuka dalam naskah-naskah Sikh hanya sepanjang dua kata, dan mencerminkan kepercayaan dasar seluruh umat yang taat pada ajaran-ajaran dalam Sikhisme: Ek Onkar (Satu Tuhan).
Ajaran Sepuluh Guru Sikh (serta para cendekiawan Muslim dan Hindu yang diterima) dapat ditemukan dalam Guru Granth Sahib.
10. Juche
Jumlah pengikut : 19 juta


Juche ialah ideologi resmi yang dianut di Korea Utara. Ideologi ini mengandung prinsip bahwa “manusia menguasai segala sesuatu dan memutuskan segala sesuatu”. Kim Il-sung adalah orang yang pertama kali mencetuskan ideologi ini pada 28 Desember 1955.

Itulah daftar agama terbesar di dunia berdasarkan jumlah penganutnya yang mungkin perlu untuk Anda ketahui.

Komentar