Komplikasi Diabetes, Retinopati Diabetik



Diabetes dapat membahayakan mata. Penyakit ini dapat merusak pembuluh darah kecil di retina, bagian belakang mata Anda, yang disebut retinopati diabetik.

Retinopati diabetik adalah istilah umum yang menggambarkan masalah retina akibat penyakit diabetes. Dalam bentuk non-proliferasi, kapiler di belakang mata membesar dan membentuk kantong. Hal ini dapat menyebabkan pembengkakan dan perdarahan. Hal ini juga dapat berkembang menjadi proliferatif. Di sinilah pembuluh darah retina begitu rusak, sehingga menutup dan memaksa terbentuknya pembuluh darah baru, yang lemah dan berdarah.

Siapa yang mungkin memiliki komplikasi ini?

Salah satu penyebab utama kebutaan pada penderita diabetes yang berusia 20-74 tahun adalah retinopati diabetik. Kondisi ini dapat berkembang pada siapa saja yang memiliki diabetes tipe 1 atau tipe 2. Semakin lama Anda memiliki diabetes dan gula darah yang kurang terkontrol, semakin besar kemungkinan Anda untuk mengembangkan komplikasi mata ini. Antara 40%-45% dari penderita diabetes memiliki beberapa gejala retinopati diabetik.

Apa saja gejala retinopati diabetik?

Anda mungkin tidak memiliki gejala pada tahap awal retinopati diabetik. Seiring kondisi berlangsung, gejala retinopati diabetik mungkin termasuk:

Ada titik atau benang gelap mengambang dalam penglihatan Anda (floaters)
Penglihatan kabur
Penglihatan berfluktuasi
Gangguan penglihatan warna
Area gelap atau kosong dalam penglihatan anda
Kehilangan penglihatan
Retinopati diabetik biasanya mempengaruhi kedua mata.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Anda harus menghubungi dokter apabila ada gejala baru berikut atau gejala yang Anda alami menjadi lebih buruk:

Anda tidak dapat melihat dengan baik dalam cahaya redup
Anda memiliki bintik-bintik kebutaan
Anda memiliki penglihatan ganda (Anda melihat dua hal ketika hanya ada satu objek)
Oenglihatan Anda kabur atau buram dan Anda tidak bisa fokus
Anda memiliki rasa sakit di salah satu mata Anda
Anda mengalami sakit kepala
Anda melihat bintik-bintik mengambang di mata Anda
Anda tidak dapat melihat hal-hal di sisi bidang penglihatan Anda
Anda melihat bayangan
Mengapa saya terserang retinopati diabetik?

Seiring berjalannya waktu, terlalu banyak gula dalam darah Anda dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah kecil yang memberi retina nutrisi, dan juga memotong asupan darah. Akibatnya, mata mencoba untuk menumbuhkan pembuluh darah baru. Namun, pembuluh darah baru tidak berkembang dengan baik dan bisa bocor dengan mudah.

Ada dua jenis retinopati diabetik:

Non-proliferasi retinopati diabetik. Dalam bentuk yang lebih umum ini, pembuluh darah baru tidak tumbuh (berkembang). Bila Anda memiliki non-proliferasi retinopati diabetik, dinding pembuluh darah di retina Anda akan melemah. Tonjolan kecil (aneurisma mikro) menonjol dari dinding pembuluh pembuluh yang lebih kecil, kadang-kadang cairan dan darah bocor ke retina. Pembuluh darah retina yang lebih besar dapat mulai membesar dan diameternya menjadi tidak teratur. Non-proliferasi retinopati diabetik dapat berkembang dari yang ringan sampai yang berat, karena lebih banyak pembuluh darah yang tersumbat.

Serabut saraf di retina mungkin mulai membengkak. Kadang-kadang bagian tengah retina (makula) mulai membengkak (edema makula), suatu kondisi yang membutuhkan perawatan.

Proliferatif retinopati diabetik. Retinopati diabetik dapat berkembang menjadi jenis yang lebih parah. Pada tipe ini, kerusakan pembuluh darah yang menutup menyebabkan pertumbuhan pembuluh darah baru yang abnormal dalam retina, dan bisa bocor pada zat bersih seperti jelly yang mengisi bagian tengah mata Anda (vitreous).

Akhirnya, jaringan parut dirangsang oleh pertumbuhan pembuluh darah baru yang dapat menyebabkan retina untuk lepas dari belakang mata Anda. Jika pembuluh darah baru mengganggu aliran cairan normal dari mata, bola mata bisa mendapatkan tekanan. Hal ini dapat merusak saraf yang membawa gambar dari mata ke otak (saraf optik), mengakibatkan glaukoma.

Bagaimana dokter mendiagnosis kondisi ini?

Retinopati diabetik sebaiknya didiagnosis dengan pemeriksaan pelebaran mata. Untuk tes ini, tetes mata dilakukan saat mata Anda melebar (dilatasi), pupil Anda akan melebar untuk memungkinkan dokter melihat bagian dalam mata Anda dengan lebih baik. Tetesan dapat menyebabkan penglihatan dekat Anda kabur sampai luntur, beberapa jam kemudian.

Selain itu, dokter mata Anda dapat:

Mengukur tekanan cairan di dalam mata Anda (tonometry)
Memeriksa struktur dalam mata Anda (celah ujian lampu)
Memeriksa dan memotret retina Anda (fluorescein angiography)
Tes ini berbeda dengan tes yang dilakukan saat Anda pergi ke dokter mata untuk memeriksa penglihatan dan melihat apakah Anda perlu kacamata baru atau tidak. Jika Anda melihat perubahan dalam penglihatan dan mengunjungi dokter mata, pastikan Anda memberi tahu dokter bahwa Anda memiliki diabetes.

Apa pengobatan untuk retinopati diabetik?

Jika Anda memiliki retinopati diabetik awal, Anda mungkin tidak memerlukan pengobatan. Namun, dokter akan memantau kondisi mata Anda.

Setelah dokter mata Anda menemukan pembuluh darah baru tumbuh di retina Anda (neovaskularisasi) atau Anda mengembangkan edema makula, Anda akan memerlukan operasi mata. Operasi mata adalah pengobatan utama untuk retinopati diabetik.

Operasi mata laser menciptakan luka bakar kecil di retina di mana ada pembuluh darah yang abnormal. Proses ini disebut fotokoagulasi. Hal ini digunakan untuk menjaga pembuluh darah dari kebocoran, atau untuk mengecilkan pembuluh abnormal.

Anda mungkin perlu operasi yang disebut vitrectomy bila ada perdarahan (hemorrhage) ke mata. Hal ini juga dapat digunakan untuk memperbaiki ablasi retina.

Dokter mungkin menyuntikkan obat ke dalam bola mata untuk membantu mencegah pertumbuhan pembuluh darah abnormal.

Anda harus mengikuti saran dokter mata Anda tentang bagaimana melindungi penglihatan Anda. Lakukan pemeriksaan mata sesuai yang direkomendasikan dokter, biasanya 1 kali setiap 1-2 tahun.

Jika Anda memiliki diabetes dan gula darah Anda sudah sangat tinggi, dokter akan memberikan obat-obatan baru untuk menurunkan tingkat gula darah Anda. Jika Anda memiliki neuropati diabetes, penglihatan Anda bisa menjadi lebih buruk untuk waktu yang singkat ketika Anda mulai minum obat yang meningkatkan kadar gula darah.

Bagaimana saya bisa mengontrol retinopati diabetik saya jika sudah didiagnosis?

Mengelola diabetes Anda dapat membantu memperlambat retinopati diabetik dan masalah mata lainnya. Anda dapat mengontrol tingkat gula darah Anda (gula) dengan:

Makan makanan yang sehat
Menjalani olahraga teratur
Memeriksa gula darah Anda sesering seperti yang diperintahkan oleh penyedia layanan kesehatan diabetes Anda dan menjaga catatan nomor Anda, sehingga Anda tahu jenis makanan dan kegiatan yang mempengaruhi tingkat gula darah Anda
Minum obat atau insulin seperti yang diinstruksikan
Ketatnya kontrol gula darah, tekanan darah, dan kolesterol sangat penting untuk mencegah retinopati diabetik
Jangan merokok. Jika Anda memerlukan bantuan untuk berhenti, tanyakan kepada dokter atau perawat
Perawatan dapat mengurangi masalah kehilangan penglihatan. Akan tetapi, perawatan ini tidak menyembuhkan retinopati diabetik atau mengembalikan perubahan yang telah terjadi.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.



Sumber
Diabetic retinopathy. National Eye Institute. http://www.nei.nih.gov/health/diabetic/retinopathy.asp.

Diabetic retinopathy. American Optometrics Association. http://www.aoa.org/patients-and-public/eye-and-vision-problems/glossary-of-eye-and-vision-conditions/diabetic-retinopathy?sso=y.

Eye complications. American Diabetes Association. http://www.diabetes.org/living-with-diabetes/complications/eye-complications/.

4 steps to manage diabetes for life. National Diabetes Education Program. http://ndep.nih.gov/publications/publicationdetail.aspx?pubid=4.

Komentar