Makanan ini Mengandung Kadar Garam yang Tinggi


Ayo ngaku, siapa yang masih suka nambahin garam buat makanannya? Atau yang suka makanan asin-asin? Atau mungkin, nggak begitu suka asin, tapi suka mengonsumsi makanan yang sebenarnya mengandung kadar garam tinggi? Lebih baik baca dulu artikel di bawah ini.


GARAM, PENYEDAP MASAKAN YANG NIKMAT RASANYA
Garam. Ini menjadi salah satu penambah cita rasa di dalam sebuah masakan. Banyak orang yang beranggapan kalau makanan kurang garam tidak begitu lezat.

Selain menjadi bumbu masakan, garam juga terkandung di banyak makanan. Dan seperti yang kita tahu, efek mengonsumsi garam terlalu banyak bisa menimbulkan banyak penyakit, salah satunya adalah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Dan banyak orang yang setelah terkena penyakit hipertensi akan menghindari makanan umum yang mengandung kadar garam tinggi.



ADA 2 JENIS MAKANAN YANG MENGANDUNG GARAM BERLEBIH
Tapi sayangnya, banyak orang yang belum mengetahui bahwa ada dua makanan yang malah mengandung kadar garam cukup tinggi. Yaitu, roti dan sereal. Mungkin anda akan kaget saat mendengar ini. Anda pasti beranggapan kalau dua makanan ini adalah makan sehat. Tetapi, menurut Professor Bruce Neal, Pimpinan di Australian Division of World Action on Health and Salt, mengatakan sumber garam terbanyak dari kebanyakan orang yang sedang berdiet, terdapat di roti. Dan yang kedua terdapat di sereal sarapan orang-orang.



ROTI DAN SEREAL, FAKTA MAKANAN YANG MENGANDUNG GARAM BERLEBIH
Mengejutkan? Anda bisa saja selama ini sudah mengeluarkan banyak biaya untuk makanan yang anda kira menyehatkan. Tetapi fakta berkata lain. Untuk penjelasan lebih lanjut, berikut akan kami berikan penjelasan tentang kandungan garam di roti dan sereal beserta efeknya.


80% Kandungan Garam Tertinggi
80% persen kandungan garam tertinggi terdapat pada makanan seperti roti dan sereal. Dan ini bisa membahayakan tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

Garam Tiruan Yang Memiliki Efek Berbahaya

Sebenarnya, semua jenis garam akan mengakibatkan hal yang sama bagi kesehatan manusia. Tetapi yang bisa membedakan efeknya bagi kesehatan adalah garam tiruan. Garam tiruan yang bisa membuat keadaan kesehatan seseorang memburuk adalah jenis garam tiruan Sodium Chloride. Yang biasanya terdapat di roti maupun sereal.



KONSUMSILAH GARAM DALAM KADAR YANG TERKONTROL
Walaupun garam di suatu masakan adalah suatu unsur penting, tetapi tetap perlu diingat untuk selalu mengonsumsi garam dalam kadar yang kecil.Normalnya, mengonsumsi garam adalah setengah sampai satu gram per hari. Tapi sayangnya, banyak orang yang mengonsumsi jauh lebih banyak dari yang disarankan. Dan jika memang ingin berdiet atau menjaga kesehatan tubuh dari penyakit hipertensi, bisa mengganti makanan mengandung garam dengan sayuran atau buah-buahan untuk tetap menjaga kadar garam dalam tubuh tetap seimbang dan diet yang dilakukan berhasil.



Sumber:

http://m.huffingtonpost.com.au/2017/06/28/worried-you-eat-too-much-salt-its-hiding-in-your-bread-and-cer_a_23003336/?utm_hp_ref=au-health


Komentar